Danau Rana Tonjong

Danau Rana Tonjong

Danau Rana Tonjong terletak di Desa Nanga Mbaling Kecamatan Sambi Rampas, sekitar 3 km utara Pota. Danau Rana Tonjong berada di sebuah dataran rendah yang dikelilingi oleh perbukitan di bagian barat, selatan dan utara, sedangkan di bagian timur terdapat areal persawahan yang cukup luas milik masyarakat setempat.
Danau Rana Tonjong
rana tonjong

Danau Rana Tonjong memiliki keunikan karena ditumbuhi bunga teratai raksasa (Victoria Amazonica) atau disebut Tonjong dalam bahasa setempat. Tumbuhan ini menutupi seluruh permukaan danau yang memiliki 2 luas 2200m, dengan demikian tidak tampak adanya air pada permukaan danau. Bunga Teratai ini tumbuh subur sepanjang tahun namun hanya berbunga sekali dalam setahun yaitu selama bulan April hingga Juni.

Keunikan lain yang dimiliki yaitu di dalam bunga yang sudah mekar terdapat biji-bijian seukuran kacang tanah yang dapat dimakan mentah atau dimasak terlebih dahulu. Bijibijian ini memiliki rasa seperti kacang tanah dan memiliki kandungan minyak. Selain itu, bunga teratai ini tidak dapat tumbuh di tempat lain selain di danau Rana Tonjong.

Danau ini juga menjadi habitat bagi, ikan air tawar, katak dan ular sawah serta tempat mencari makan bagi beberapa burung migran. Jadi tidak heran apabila saat mengunjungi Danau ini Anda bisa melihat burung bangau, elang dan angsa putih yang mencari makan di danau. Karena berbagai keunikan tersebut Danau Rana Tonjong seringkali dikunjungi oleh wisatawan dan bahkan menjadi salah satu ikon keunikan pariwisata d i Kabupaten Manggarai Timur. Danau Rana Tonjong seringkali dikunjungi oleh wisatawan dan bahkan menjadi salah satu ikon keunikan pariwisata di Kabupaten Manggarai Timur.

Transportasi

Danau Rana Tonjong dapat ditempuh dari Ruteng melalui Reo menuju Pota, selanjutnya ke Rana Tonjong dengan jarak tempuh sekitar 90km dan dapat ditempuh dalam 4 jam. Sementara dari Borong, menempuh jalur Bealaing, Watunggong, Lengko Ajang, selanjutnya menuju danau Rana Tonjong menempuh jarak 130 km dengan waktu tempuh sekitar 4.5 jam.

Kondisi jalan menuju ke Pota atau danau Rana Tonjong tidak terlalu bagus, lebih tepat disebut sebagai medan offroad dan sangat menantang, sehingga waktu tempuh bisa menjadi lebih lama dari perkiraan. Untuk itu kami menyarankan agar sebaiknya anda menggunakan kendaraan berderek sehingga membantu kelancaran perjalanan.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Adat istiadat orang alor NTT

Adat istiadat Parang Sumba NTT