Air terjun cunca lega

Air terjun cunca lega

Air Terjun Cunca Lega atau lebih terkenal dengan sebutan Tengku Lese, merupakan air terjun dua tingkat dengan ketinggian kurang lebih 25 meter. Dikelilingi oleh hutan subur dan sawah yang terlihat dari kejauhan.
Air terjun cunca lega
cunca lega

Air terjun Tengku Lese dapat dicapai dengan cara mendaki dari Desa Nanu, setelah itu berjalan selama sekitar 2.5 km dengan panorama yang indah, bukit-bukit hijau nan rimbun, susunan sawah bertingkat, dan petani membajak tanah dengan kerbau mereka. Sesampainya di kaki air terjun, anda akan dijamu dengan pemansangan air terjun dua tingkat hati seakan runtuh dari ketinggian 25m dengan suara guruh menderu serta sinar cahaya yang membiaskan pelangi kecil. 

Akt­iv­itas

Melom­pat di atas batu-batu cokelat besar yang menye­bar di sekitar dasar air ter­jun itu ada­lah hal yang meny­en­angkan untuk dilak­ukan. Dis­arankan untuk tidak melom­pat ke­dalam air ter­jun kar­ena tetesan air sangat kasar. Jika ingin ber­en­dam, sedikit ke bawah anda akan me­nemukan kolam ren­ang alam yang lebih kecil dan lebih ten­ang dan aman juga santai untuk ber­en­ang did­alamnya.


Ku­liner

Be­gitu ban­yaknya pe­man­dan­gan indah sawah dan desa dis­ep­an­jang jalan menuju air ter­jun Tengku Lese. Yang ter­dekat ada­lah Desa Tebo, anda akan mencicipi kopi dengan ku­al­itas ter­baik sete­lah lelah mendaki.


Trans­portasi

Dari Ruteng, dibu­tuhkan sekitar dua jam per­jalanan untuk men­capai titik awal dari pendakian. Rute terpendek yang bisa dilalui ada­lah Liang Bua, 15 km dari Tengkulese. Pi­li­han ter­baik untuk pergi ke sana dengan kendaraan pribadi (mobil atau se­peda motor) maupun rental. Jalan akses be­rakhir di Desa Nanu. Dari sana, Anda harus ber­jalan sekitar 2.5 km untuk sam­pai ke Tengku Lese.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Adat istiadat orang alor NTT

Adat istiadat Parang Sumba NTT