Pantai doreng

Pantai Doreng


pantai doreng
Pantai doreng
Wisata Sika atau Maumere ntt nomer empat adalah Pantai Doreng berada dalam wilayah pemerintah Kecamatan Doreng, Kabupaten Sikka, Flores, Nusa Tenggara Timur. pantai berpasir putih ini terletak di pantai selatan Kabupaten Sikka atau pulau flores (kota maumere terletek di pesisir pantai utara). hamparan laut sawu yang luas dan membentang didepannya sangat indah.

Nama Doreng sendiri dalam penuturan masyarakat setempat kepada kami berasal dari nama seorang pantai asal Flores Timur bernama Doren yang pernah mampir dikampung ini. sedang versi lain mengatakan berasal dari bahasa setempat doreng yang artinya menggantung. ini berhubungan dengan cerita tentang salib besar yang pernah ditancapkan di pantai Doreng. salib itu kini telah tiada, konon salib Watu Crus dipantai dulunya pernah ada dipantai Doreng.
Cerita ini masih berkaitan dengan keberadaan dua misionaris khatolik asal portugis jaman dulu yang kini makamnya telah diketemukan oleh masyarakat sekitar. Makam tersebut berdekatan dengan pantai Doreng. Ada dua rute menuju pantai Doreng. Pertama bisa melewati jalur atau atau rute kewapante. dari kota maumere, rute ini agak kejauhan . Rute kedua bisa melewati Desa Waipare. Rute Waipare berdekatan dengan kota maumere. kedua rute yang berada di lintasan jalan raya menuju arah timur menuju kabupaten Sikka inilah yang mengawali perjalanan menuju pantai Doreng. kata orang, rute waipare medannya lumayan lebih baik daripada menggunakan rute kewapante. kami ingin membuktikannya dengan melewati kedua rute. keberangkatan kami pertama kali akan melewati rute kewapante, pulangnya melewati rute Waipare.

Setelah melewati medan yang lumayan berat akhirnya kami melewati kawasan berpasir putih, Pantai Doreng. disinilah mobil yang kami tumpangi bertambah oleh kiri-kanan dengan kecepatan yang sangat pelan, maklum ruas jalan yang kami lewati rusak berat.

Paparan pantai indah ini langsung dari ketinggian. Dari sini kita bisa menikmati riak-riak gelombang dengan buih-buih ombaknya yang saling berebutan menuju bibir pantai. perasaan lega memenuhi dada kami. rasa bete dan capek dalam perjalanan terobati dengan kompensasi yang lumayan . jika saja ada investor yang mau membangun tempat-tempat penginapan di ketinngian maupun dipesisir pantai dengan didukung promosi dari pemerintah daerah, jelas akan banyak wisatawan yang akan berkunjung kesini.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Adat istiadat orang alor NTT

Adat istiadat Parang Sumba NTT