Kampung Tutubhada

Kampung Tutubhada

Kampung Tutubhada terletak di Desa Rendu Tutubhada, Kecamatan Aesesa Selatan, Kabupaten Nagekeo, yang merupakan Situs Kampung Tua di Kabupaten Nagekeo. Di kampung tersebut masih ada peninggalan-peninggalan benda cagar budaya serta atraksi budaya seperti : Tinju Adat (Etu), Potong Kerbau (Para Bhada), Sunat (Tau Nuwa), dll.

kampung tutubhada
kampung tutubhada

Semua rumah yang ada di perkampungan adat Tutubhada sangat unik karena bentuknya sama dengan bentuk rumah adatnya (Ji Vao). Sa’o Ji Vao pertama kali didirikan pada tahun 1983. Ji artinya Kekuatan, Vao artinya Naungan,. Ji Vao artinya rumah tempat bernaung yang oleh masyarakat setempat didalamnya kita menemukan kedamaian. Sa’o Ji Vao mengayomi seluruh suku mulai dari Raja Ulu Tana Tada Riwu sampai ke Raja Eko Tana masyarakat Rendu.

Pembangunan Sa’o Ji Vao melewati 17 tahap ritual adat yang mana pada tahap akhir akan dilaksanakan upacara Para Bhada (potong kerbau). Upacara Para Bhada diawali dengan Bhea Sa oleh perwakilan seluruh kesatuan rumah adat yang ada. Tutubhada termasuk di dalam kesatuan etnik Redu, Kecamatan Aesesa Selatan.

Akt­iv­itas

Ketika men­gun­jungi Tu­tubhada, para wisat­awan dapat lang­sung me­ne­lus­uri kam­pung yang did­alamnya ter­dapat rumah-rumah adat dengan benda-benda cagar budaya yang masih asli pen­ing­galan nenek moy­ang masyarakat kam­pung Tu­tubhada. Selain itu kita dapat berkomunikasi se­cara lang­sung dengan tokoh-tokoh adat ter­kait se­jarah kam­pung Tu­tubhada sam­bil menikmati sajian makanan lokal dan be­ragam at­raksi seni budaya.


Ako­mo­dasi

Di kam­pung Tu­tubhada tidak ter­dapat fa­sil­itas pen­ginapan tetapi kar­ena jarak dari lokasi kam­pung Tu­tubhada dengan Ibukota Ka­bu­paten ± 10 Km maka wisat­awan dapat meman­faatkan fa­sil­itas ako­mo­dasi/pen­ginapan yang ada di Mbay.


Ku­liner

Ter­dapat be­ragam pan­gan lokal yang bisa anda dapatkan di Kam­pung Adat Tu­tubhada se­hingga men­jadikan per­jalanan anda se­makin men­arik.


Be­lanja

Jika ingin mendapatkan souvenir / handy­craft, anda dapat memi­lih koleksi ker­ajinan lokal masyarakat setem­pat yang dengan mudah dijumpai di lokasi perkam­pun­gan adat Tu­tubhada.


Trans­portasi

Untuk men­capai kam­pung adat Tu­tubhada anda dapat me­nem­puh per­jalanan dengan meng­gun­akan jasa ojek atau mobil yang dis­e­wakan.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Adat istiadat orang alor NTT

Adat istiadat Parang Sumba NTT