Kampung Todo

Kampung Todo

Terletak di Desa Todo, Kec. Satar Mese Barat, Kab. Manggarai, Kampung tua yang memiliki halaman yang dikelilingi batu tersusun rapi merupakan asal muasal kerajaan Manggarai. Di sini terdapat Rumah Adat (Niang) bernama “NIANG WOWANG”, Tambur Kecil yang terbuat dari kulit perut seorang gadis (Loke Nggerang) dan meriam-meriam kuno.
Kampung Todo
Kampung Todo

Satu-satu ciri khas kampung Todo adalah Niang Todo, sebuah rumah adat berbentuk bundar beratap jerami yang diketahui merupakan istana raja Todo tempo dulu. Menyaksikan wisata budaya salah satunya atraksi bela diri tradisional yang dikenal dengan nama Caci.

Selain untuk menghidupkan suasana, permainan ini juga untuk mempertemukan kembali para keturunan Raja Todo, penguasa kerajaan besar di Manggarai 300 tahun silam. Warga dari kampung tetangga pun turut berpartisipasi. Inilah saatnya warga kampung larut dalam kegembiraan menyambut ritual "Wajo Mora".

Selain sebagai upacara adat yang dianggap sakral, ritual ini dilaksanakan untuk menghormati para leluhur. Apalagi, masyarakat setempat percaya pelanggaran tradisi adat akan membuahkan bencana yang disebut Nangki. Anda tidak akan pernah merasa rugi datang ke Kampung Todo.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Adat istiadat orang alor NTT

Adat istiadat Parang Sumba NTT