Kampung Luba

Kampung Luba

Kampung Luba adalah kampung tradisional yang berdekatan dengan kampung Bena. Terletak di Desa Tiworiwu, Kecamatan Jerebuu ± 19 km ke arah selatan dari Bajawa, ibukota Kabupaten Ngada.
kampung luba
kampung luba

Perjalanan menuju kampung ini akan terasa tidak membosankan karena wisatawan disuguhkan dengan pemandangan alam gunung Inerie dan suasana pedesaan yang eksotis. Kampung Luba terdiri dari 17 rumah kayu beratapkan ilalang yang membentuk formasi segi empat megelilingi tanah lapang berundak.

Terdapat tanduk-tanduk kerbau di masing-masing rumah yang mana berasal dari kerbau yang digunakan sebagai kurban dalam upacara adat. Di tengah lapangan terdapat Ngadhu dan Bhaga sebagai perlambang roh lelaki dan perempuan serta kuburan batu tua (megalith).

Sebagian besar penduduknya bermatapencaharian sebagai petani ladang dengan kebun-kebun menghijau tumbuh di sisi-sisi ngarai yang mengelilingi kampung. Seluruh warga Kampung Luba memeluk agama Katolik namun tetap menjalankan kepercayaan leluhur termasuk adat dan tradisinya.

Akomodasi

Tidak ada penginapan di sekitar kampung Luba. Penginapan hanya tersedia di Kota Bajawa. Karena jaraknya yang dekat dengan kota Bajawa, anda dapat menginap di hotel-hotel yang ada di Bajawa seperti Bintang Wisata, Edelweiss, Korina, Silverin, Happy-happy dan sebagainya dengan tarif mulai dari Rp. 150.000. Namun apabila anda ingin merasakan suasana kampung lebih lama, rumah penduduk dapat dijadikan tempat untuk menginap dengan terlebih dahulu meminta ijin pemilik rumah.


Akt­iv­itas

Untuk men­gelilingi dan mem­per­oleh in­formasi tentang kam­pung ini, anda dapat menghubungi Bapak Tinus dengan nomor Hp 082341602905 atau 085239931628.



Ku­liner

Tidak ada tem­pat makan di sekitar lokasi, dis­arankan anda mem­baya makanan ringan. Anda dapat me­nemukan rumah makan dan restoran di Ba­jawa. Camelia Res­taur­ant, Lucas Res­taur­ant dan Ditos men­jadi reko­men­dasi kar­ena selain menye­diakan makanan yang lezat, le­taknya dekat dengan be­berapa hotel di Ba­jawa.



Trans­portasi

Untuk men­jangkau obyek wisata anda dapat meng­gun­akan jasa an­gkutan ped­e­saan jur­usan Ba­jawa-Jere­buu, jasa travel ataupun men­jek dari Ba­jawa .

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Adat istiadat orang alor NTT

Adat istiadat Parang Sumba NTT