Hutan Pong Dode

Hutan Pong Dode

Kawasan hutan Pong Dode sejak lama dilindungi dan dijaga kelestariannya oleh masyarakat di Kelurahan Mandosawu. Hutan Pong Dode dilindungi karena terdapat tiga mata air yang bersumber dari dalam kawasan hutan dan merupakan sumber air minum dan irigasi lahan persawahan bagi masyarakat setempat.
hutan pong dode
hutan pong dode

Hutan Pong Dode memiliki luas areal 6km , di dalam kawasan hutan terdapat berbagai jenis pohon yang tumbuh subur dan sangat rimbun. Hutan Pong Dode sejak lama dihuni oleh puluhan ekor kera.

Hal ini terbilang langka, mengingat kawasan hutan Pong Dode berada di tengah pemukiman warga. Namun, kera yang menghuni Pong Dode tidak merusak tanaman milik warga yang ada di sekitar kawasan hutan ini. Pong Dode secara harafiah berarti hutan kera, atau hutan tempat kera hidup atau berlindung.

Transportasi

Hutan Pong Dode berada di Kelurahan Mandosawu, Kecamatan Poco Ranaka. Berjarak 15km dari Ruteng ibukota kabupaten Manggarai dan dapat ditempuh dalam waktu setengah jam dengan berkendaraan. Sementara dari Borong, Ibu Kota Kabupaten Manggarai Timur, berjarak sekitar 45 km dan dapat ditcapai dalam waktu 1 jam.

Kondisi jalan menuju Pong Dode cukup bagus sehingga bias ditempuh dengan menggunakan kendaraan roda dua atau roda empat. Bersepeda menuju hutan Pong Dode juga merupakan pilihan yang sangat menarik karena anda bi sa leluasa menyaksikan aktivitas warga di Mano yang sedang bekerja di lahan perkebunan cengkeh sambil mengunjungi obyek wisata lain yang ada disekitarnya yaitu sebuah kampung tua Compang Mano.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Adat istiadat orang alor NTT

Adat istiadat Parang Sumba NTT