Desa Waebela

Desa Waebela


Desa Waebela terletak di Kecamatan Inerie. Jarak Waebela ke Aimere ±30 km sedangkan jarak dari Bajawa ±57 km. Kondisi alam yang berbukit dan subur membuat daerah ini kaya akan tanaman perkebunan.
Desa Waebela
Desa waebela

Pada beberapa tempat terutama hutan, masih ditemukan binatang liar seperti ular piton, babi landak, rusa, ayam hutan, monyet dan jenis burung seperi punglor, nuri dan puyuh. Potensi yang terdapat di Desa Waebela terdiri dari potensi budaya dan alam. Kampung Sewowoto adalah salah satu potensi budaya yang ada.

Di kampung ini terdapat rumah adat tradisional etnis Ngada, Ngadhu dan Bhaga. Ngadhu menjadi simbol nenek moyang laki-laki. Ngadhu adalah rumah berpayung dengan satu tiang kayu yang diukir. Ngadhu yang beratap serat ijuk ini memiliki tiang tunggal dari jenis kayu khusus yang keras karena berfungsi juga sebagai tiang gantungan hewan kurban ketika upacara adat. Sedangkan Bhaga adalah simbol nenek moyang perempuan. Bhaga berupa miniatur rumah adat.

Potensi alam yang ada di Desa Waebela adalah Pantai Enabhara. Pantai pasir putih yang landai dengan ombak yang tinggi menjadi daya tarik tersendiri. Fenomena alam berupa gelombang laut yang pecah di dinding-dinding karang menyebabkan semburan air laut pecah ke udara menyerupai bunga (water blow). Tidak jauh dari lokasi pantai pasir putih ini terdapat Gua penginggalan Jepang yang digunakan sebagai tempat persembunyian pada masa peperangan.

Akt­iv­itas

Untuk men­jela­jah Desa ini anda dapat menghubungi Ke­pala Desa Wae­bela dengan nomor Hp 081353380701 atau Pak Yosep Dura dengan nomor Hp 082147742663. Atau anda dapat menghubungi guide lokal yang ada di Ba­jawa.


Ako­mo­dasi

Tidak ada pen­ginapan di sekitar obyek wisata. Jika anda men­ginap, anda harus ke Aim­ere kar­ena jarak ant­ara Wae­bela ke Aim­ere cukup dekat. Pen­ginapan Aim­ere, pen­ginapan Agogo, pen­ginapan Bata Ba­hari men­jadi pi­li­han anda dengan harga mulai dari Rp.75.000.


Ku­liner

Di sekitar Desa Wae­bela tidak terse­dia tem­pat makan se­hingga anda dis­arankan mem­bawa makanan sendiri. Ap­ab­ila ingin mem­per­oleh makanan, anda harus ke Aim­ere. Di sana terse­dia tem­pat makan sep­erti Rumah Makan Agogo, Rumah Makan Sing­galang, Bakso Solo dan Samudra.


Trans­portasi

Ada dua jalur untuk men­capai obyek wisata ini. Dapat ditem­puh dengan rute Ba­jawa-Jere­buu-Wae­bela maupun Ba­jawa-Aim­ere-Wae­bela. Kedua rute ini dapat di­capai dengan meng­gun­akan an­gkutan umum, travel maupun ojek dan kendaraan pribadi. Untuk menuju Pantai En­abhara, anda harus ber­jalan kaki atau meng­gun­akan jasa perahu motor dengan jarak tem­puh ±30 menit dari Wae­bela
.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Adat istiadat orang alor NTT

Adat istiadat Parang Sumba NTT