Air terjun Ogi

 Air Terjun Ogi Bajawa

air terjun Ogi
air terjun ogi

Air terjun Ogi terletak di Pape, Kecamatan Bajawa, Kabupaten Ngada. Jaraknya ± 8 km dari pusat kota Bajawa atau sekitar 25 menit perjalanan. Sebenarnya waktu tempuh bisa menjadi lebih singkat, ini disebabkan oleh kondisi jalan yang rusak, curam serta berbelok-belok tajam.

Lokasinya sendiri berada beberapa ratus meter dari bibir jalan sehingga anda harus memarkir kendaraan dan melanjutkan perjalanan dengan berjalan kaki. Karena belum ada penunjuk arah ke Air Terjun Ogi, anda dapat bertanya pada penduduk lokal, pihak hotel atau petugas-petugas hotel di Bajawa. Ini juga sangat berguna sebagai guide jalanan untuk wisata di sekitar Bajawa terutama wisata ala backpacker yang penuh petualangan.

Hijaunya pepohonan dan rimbunan padi menjadi pengantar menuju air terjun. Air Terjun Ogi kira-kira sekitar 30 meter dari permukaan tanah. Dengan volume air yang cukup banyak dan jatuh dari ketinggian ini menyebabkan hempasan air menjadi keras. Bebatuan menghiasi aliran air, rumput-rumput hijau menempeli tanah. Tempat ini pernah digunakan oleh PLN untuk menjadi pembangkit listrik, namun saat ini sudah tidak beroperasi lagi.

Air yang jatuh tadi mengaliri sungai yang dipenuhi bebatuan dan langsung menuju selokan yang mengarah ke sawah warga. Jadi air yang berasal dari air terjun ini juga dimanfaatkan untuk mengairi sawah di sekitarnya. Di samping air terjun terdapat anak tangga dari besi yang menuju ke puncak air terjun. Di sekitar tebing juga sering dijumpai monyet-monyet dari hutan di sekitar air terjun yang sedang berkeliaran.

Akt­iv­itas

Untuk dapat men­jela­jahi lokasi ini, anda dapat meminta ban­tuan warga sekitar atau meng­gun­akan jasa guide yang ada di Ba­jawa.


Ako­mo­dasi

Kar­ena jaraknya yang dekat dengan kota Ba­jawa, anda dapat men­ginap di hotel-hotel yang ada di Ba­jawa sep­erti Bintang Wisata, Edel­weiss, Kor­ina, Sil­verin, Happy-happy dan se­ba­gainya.


Ku­liner

Tidak ada tem­pat makan di sekitar lokasi, dis­arankan anda mem­baya makanan ringan. Namun jika ingin men­cari tem­pat makan, Camelia Res­taur­ant, Lucas Res­taur­ant dan Ditos men­jadi reko­men­dasi selain menye­diakan makanan yang lezat, le­taknya dekat dengan be­berapa hotel di Ba­jawa.


Trans­portasi

Tidak ada an­gkutan umum yang menuju ke obyek wisata ini. Anda dapat meng­gun­akan ojek untuk menuju Ogi.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Adat istiadat orang alor NTT

Adat istiadat Parang Sumba NTT