Tempat wisata NTT kupang di Camplong

Kali ini saya akan mengajak teman - teman menuju camplong, Camplong merupakan taman wisata alam yang berada di hutan Camplong, Desa Camplong, Kecamatan Fatuleu, Kabupaten Kupang.

Taman wisata lokasi persis di pinggir jalan nasional pulau Timor berjarak sekitar 46 kilometer dari Kota Kupang, Ibu Kota NTT. Kalau teman- teman pernah ke kupang pasti merasakan panasnya kota ini..hehe mungkin karena dekat pantai. Nah kalau teman- teman mau yang sedikit dingin teman- teman dapat berkunjung ke camplong.

Untuk mencapai lokasi itu, pelancong dapat menumpang bus umum dari terminal Kupang tujuan Kupang-SoE dengan tarif Rp 10.000 per orangnya.Selain menggunakan bus, dari Kota Kupang, Anda dapat menumpang taksi namun biayanya jauh lebih mahal tentunya.

Untuk itu disarankan menumpang bus umum bagi pelancong yang berkantong pas-pasan.Waktu yang ditempuh dari Kota Kupang sampai lokasi bila normal mencapai satu jam.Lokasi taman wisata disamping persis Kantor Camat Fatuleu dan tak jauh dari pasar dan Polsek Fatuleu. Jadi bila Anda menumpang bus umum, jangan lupa pesan kepada kondektur atau sopir untuk menurunkan Anda di Taman Wisata Alam Camplong. Taman wisata yang dikelola Badan Konservasi Sumber Daya Alam NTT dibuka dari pukul 08.00 Wita hingga pukul 16.00 Wita. Tarif masuknya, satu pengunjung dewasa dikenakan biaya masuk Rp 5000. Sementara anak-anak atau siswa sekolah dikenakan biaya masuk Rp 3.000. Masuk taman wisata alam Camplong, mata Anda akan langsung dimanjakan dengan rimbunan pohon-pohon tua yang membuat taman makin nyaman dan rindang untuk berlama-lama di taman tersebut.

Tak hanya itu, pengelola taman juga menyediakan beberapa tempat duduk yang dilengkapi dengan atap di beberapa titik.Pengunjung dimanjakan dengan rimbunan pohon-pohon tua yang membuat taman makin nyaman dan rindang untuk berlama-lama di taman tersebut. Di taman ini, Anda ditawarkan tiga jenis macam wisata yang bisa jalani dalam waktu tidak lama.Di taman wisata yang memiliki luas 600 hektar ini, Anda disuguhi wisata air, hutan, goa hingga menonton buaya.

Wisata air, terdapat kolam air bersih yang membentang, siap dijadikan sebagai tempat berenang atau sekedar berendam, menghilangkan rasa penatnya cuaca panas Kota Kupang. Kolam air bersih berdiameter 50-an meteran dikali 30-an meter itu bersambungan langsung dengan dua sumber mata air yang muncul di taman wisata.Agar Anda tak malu berganti baju usai mandi di kolam, rupanya pengelola taman sudah menyediakan beberapa toilet untuk berganti baju atau buang air kecil dan besar.

Jadi rasanya rugi kalau sudah jauh perjalanan tidak mencelupkan badan di kolam yang airnya langsung disuplai dari dua sumber mata air besar dari Hutan Camplong.Usai mandi, jangan lupa Anda menyempatkan berjalan ke sebelah kanan kolam melihat kandang buaya yang berjarak sekitar 20 meter.

Tapi untuk sampai ke danau itu, butuh pendamping petugas BKSDA agar Anda tidak mengalami hal-hal yang tidak diinginkan.Kondisi alam yang dipenuhi oleh pepohonan alami membuat taman wisata alam Camplong menjadi lokasi yang sangat baik untuk kegiatan berkemah.Selain itu, kegiatan lain yang cocok dan dapat dilakukan pengunjung adalah lintas alam.Pengunjung tak perlu khawatir tersesat bila ingin melakukan kegiatan lintas alam lantaran sudah ada jalan setapak menembus hutan wisata.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Adat istiadat orang alor NTT

Adat istiadat Parang Sumba NTT