Kampung Wogo

Kampung Wogo

Kampung Wogo terletak di Desa Ratogesa, Kecamatan Golewa. Jarak dari Kota Bajawa ke Kampung Wogo ±16km dapat ditempuh sekita 25 menit perjalanan. Kampung Wogo sekarang merupakan perkampungan baru dimana dahulu lokasinya berada di sebelah barat dari kampung baru.
kampung wogo
Kampung Wogo

Di kampung lama terdapat peninggalan budaya megalit yang mengagumkan seperti hamparan bebatuan megalith yang menjulang tinggi. Hamparan batu ini merupakan kuburan nenek moyang yang digunakan juga untuk upacara adat. Hamparan batu ini masih tertata rapih dengan formasi yang memukau.

Di kampung Wogo yang baru terdapat puluhan rumah adat tradisional etnis Ngada. Rumah ini terbuat dari bahan kayu, ijuk dan bambu. Terdapat ukiran-ukiran khas Ngada di setiap rumah adat. Di tengah-tengah kampung terdapat Ngadhu dan Bhaga. Ngadhu menjadi simbol nenek moyang laki-laki. Berfungsi juga sebagai tiang gantungan hewan kurban ketika upacara adat. Sedangkan Bhaga adalah simbol nenek moyang perempuan. Bhaga berupa miniatur rumah adat.

Akt­iv­itas

Untuk men­jela­jah obyek ini, anda dapat menghubungi Ibu Monika se­ba­gai Ketua FPPD dengan nomor Hp 081339023088.


Ako­mo­dasi

Di sekitar Kam­pung Wogo tidak ter­dapat pen­ginapan. Kar­ena jaraknya yang cukup dekat, anda bisa men­ginap di be­bepara pen­ginapan yang ada di kota Ba­jawa.


Ku­liner

Anda dapat mem­per­oleh makanan di be­berapa Rumah Makan Pojok, Rumah Makan Mas Sari, Rumah Makan Putri Tung­gal yang be­rada di Mataloko, ±1km dari obyek wisata Wogo.


Trans­portasi

Untuk men­jangkau obyek wisata Wogo, anda dapat meng­gun­akan an­gkutan umum dengan rute Ba­jawa-Mataloko, meng­gun­akan jasa travel atau jasa ojek.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Adat istiadat orang alor NTT

Adat istiadat Parang Sumba NTT