Air Panas Mengeruda

Air Panas Mengeruda

Air Panas Mengeruda terletak di desa Mengeruda, Kecamatan Soa. Jaraknya ± 25 kilometer dari Kota Bajawa. Di samping pemandangan alamnya yang bagus, tempat ini menawarkan tempat pemandian air panas dengan sumber mata air panas mencapai suhu sekitar 30°C.

kolam mengeruda
Mengeruda

Pemandian air panas ini memiliki ciri khas tersendiri yg tidak dimiliki oleh pemandian air panas alami di tempat lain. Sumber mata air berasal dari sebuah kolam dan mengalir ke sungai utama melalui bebatuan yg agak tinggi, sehingga tampak seperti air terjun kecil.

Tidak jauh dari sumber mata air panas terdapat aliran sungai yang bercampur dengan aliran air panas yang bersumber dari mata air panas lain di sekitar obyek wisata ini sehingga menghasilkan air yang hangat. Terdapat pula kolam buatan yang dibuat untuk memanjakan pengunjung.

Obyek wisata Air Panas Mengeruda dikelola oleh Pemerintah Daerah Kabupaten Ngada. Untuk memasuki obyek wisata ini anda dapat membayar Rp. 2000 untuk anak-anak dan Rp.4000 untuk dewasa (khusus wisatawan domestik) sedangkan wisatawan mancanegara, Rp.7000 untuk anak-anak dan Rp.14.000 untuk dewasa. Obyek wisata ini mulai beroperasi dari pukul 07.00 hingga pukul 19.00.

Tidak jauh dari tempat pemandian air panas terdapat lokasi penggalian binatang purba yang terletak di Mata Menge. Di sini ditemukan fosil gajah purba (stegodon), fosil tikus purba, gading, ular, dan serpihan gerabah dari zaman purba.

Akt­iv­itas

Anda dapat menghubungi petu­gas yang be­rada di loket pem­ba­yaran kar­cis jika ingin mendapatkan in­formasi maupun untuk men­jela­jahi obyek wisata ini.


Ako­mo­dasi

Seben­arnya ter­dapat be­berapa cot­tage di dalam area Air Panas Mengeruda namun kond­isinya rusak se­hingga anda harus men­ginap di Ba­jawa.


Ku­liner

Tidak ada restoran atau rumah makan di sekitar obyek ini. Namun ter­dapat be­berapa kios yang men­ja­jakan makanan sep­erti mie dan makanan tradisional sep­erti singkong bakar. Sangat dis­arankan anda mem­bawa makanan sendiri jika ingin lebih lama menikmati Air Panas Mengeruda.


Trans­portasi

Anda dapat meng­gun­akan an­gkutan umum dengan rute Ba­jawa-Soa, meng­gun­akan jasa travel ataupun ojek.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Adat istiadat orang alor NTT

Adat istiadat Parang Sumba NTT